oleh

Akibat Lonsor, Puluhan Rumah Masyarakat Lubuk Ngin Terancam Hilang

MUSI RAWAS-Beberapa rumah warga kampung 2 desa Lubuk Ngin kecamatan Selangit, kabupaten Musi Rawas terancam hilang. Kamis (09/09/2021).

Penyebabnya adalah curah hujan yang tinggi dan akibat derasnya hujan semalam dan derasnya aliran sungai Lakitan yang mengaliri beberapa Desa di Kecamatan Selangit hingga bermuara di sungai Musi.

Terpantau dilokasi tebing sungai sepanjang 100 meter longsor tergerus aliran sungai Lakitan. Juga dilokasi terlihat beberapa batang kelapa dan tanaman lain ikut terjun ke sungai.

Begitu juga tempat pemandian warga sudah tidak bisa digunakan lagi karena ikut hanyut yang diakibatkan derasnya aliran sungai Lakitan.

Menurut Deni (30) warga kampung 2 yang rumahnya paling dekat dengan sungai mengatakan cukup khawatir dengan kondisi yang sekarang, apabila kondisi seperti ini berlangsung cukup lama bisa dipastikan rumahnya akan ikut hanyut tergerus aliran sungai Lakitan.

” Kondisi sekarang dari bibir tebing ke rumah hanya berjarak sekitar 6 atau 7 meter, cukup cemas melihat hal ini,” Deni.

Sementara warga yang lain Irpair (39) meminta kepada pihak pemerintah kabupaten Musi Rawas agar kondisi ini cepat teratasi, mengingat kondisi ini bisa dikatakan cukup krusial.

” Kepada pihak Pemkab kalau bisa dibangun talud atau beronjong agar warga bisa merasa aman tinggal di sini ” timpalnya.

Irpair juga mengusulkan, ada sebuah pulau yang didekat longsoran untuk dipindahkan agar aliran sungai tidak menggerus rumah warga.

” Kejadian ini sudah lama, tidak kurang sekitar 7 meter sudah tanah warga yang hilang,” jelas Irpair. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed