fbpx
 Kemendikbud Minta Kampus Laksanakan Ospek Secara Virtual

Ilustrasi Ospek (foto net)

Kemendikbud Minta Kampus Laksanakan Ospek Secara Virtual

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan, bahwa kegiatan pengenalan kampus pada mahasiswa baru atau yang dikenal dengan istilah ospek di seluruh perguruan tinggi akan digelar secara daring.

Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, Nizam menegaskan, bahwa tahun ini masa pengenalan mahasiswa (Ospek) dilakukan secara daring atau virtual, tidak ada kegiatan tatap muka maupun pengumpulan massa.

“Masa pengenalan mahasiswa (Ospek) dipastikan semuanya dilakukan secara daring, tidak ada pertemuan fisik,” kata Nizam, Jumat (26/6/2020)

Nizam menyatakan, bahwa pihaknya sudah mengeluarkan pedoman pengenalan kampus untuk mahasiswa baru secara daring sejak tiga pekan lalu yang berisikan tentang pengenalan kampus, kegiatan-kegiatan kampus hingga pengembangan diri.

“Pedoman sudah disebarkan ke perguruan tinggi terkait pengenalan kehidupan kampus, organisasi kampus, kegiatan di kampus, cara belajar di perguruan tinggi,” terangnya.

Selain itu, lanjut Nizam, terkait pedoman untuk pengembangan diri untuk meraih kesuksesan. Kemudian yang tidak kalah penting adalah tata krama dan etika di kampus.

“Itu sudah kita siapkan dan Kami dorong untuk membangun kreativitas,” ujarnya.

Nizam menyebutkan, Perguruan Tinggi yang sudah siap dengan pengenalan kampus secara daring ini salah satunya adalah UGM. Saat ini, materi untuk Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) telah disiapkan untuk digelar secara daring.

“Nantinya kegiatan PPSMB atau pengenalan kampus UGM ini akan dikemas secara menarik, meski mahasiswa baru tidak dapat bertatap muka secara langsung seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Rektor UGM, Panut Mulyono.

Panut mengakui, bahwa masa pengenalan kampus merupakan kegiatan yang paling dinanti mahasiswa (maba) UGM. Namun, karena kondisi pandemi Covid-19, pengenalan kampus tersebut tidak bisa digelar secara tatap muka untuk tahun ini.

Baca Juga  PWI Sumsel dan Universitas Sumatera Selatan Jalin Kerjasama

“Ini memang event yang hilang bagi mahasiswa baru, karena mahasiswa baru ini sangat menikmati, sangat bergembira ketika melaksanakan PPSMB di lapangan, setiap tahun Saya bisa merasakan kegembiraan mereka. Tapi tahun ini terpaksa kami rancang daring,” tuturnya.

Kendati demikian, Panut berharap, upaya yang dilakukan oleh panitia agar pengenalan kampus tetap menarik dan gembira ini, bisa dirasakan mahasiswa baru yang mengikuti dari tempat tinggal masing-masing.

“Panitia PSSMB akan berusaha merancang pengenalan kampus berlangsung semenarik mungkin meski digelar daring,” pungkasnya.(*)

Sumber: fin.co.id

redaksi hame-hame.com

https://hame-hame.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *