fbpx
 Museum Negeri Sumatera Selatan Gelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik

Museum Negeri Sumatera Selatan Gelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik


PALEMBANG – Sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Museum Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober dan apresiasi atas peran media massa dalam membantu komunikasi dan publikasi permuseuman, Museum Negeri Sumatera Selatan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis dan Karya Foto Jurnalistik dengan tema “Museum Negeri Sumatera Selatan Sebagai Sarana Rekreasi dan Edukasi Kultural”.

Tema lomba karya tulis dan karya foto jurnalistik ini terbagi dalam tiga kategori topik antara lain Koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan dari Masa ke Masa; Keberadaan Museum Negeri Sumatera Selatan Sebagai Destinasi Wisata Sejarah; Peran dan Tanggung Jawab Museum Negeri Sumatera Selatan Menyelamatkan Aset Bersejarah di Sumatera Selatan.

H Chandra Amprayadi SH, Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan mengatakan, sejak dibangun tahun 1978 dan diresmikan 5 November 1984, Museum Negeri Sumatera Selatan menjadi satu-satunya museum umum yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.

Ribuan koleksi arkeologi Museum Negeri Sumatera Selatan ini (dulu dikenal sebagai Museum Balaputra Dewa) dapat diklasifikasikan menjadi periodisasi masa, yakni masa pra Sriwijaya, masa Sriwijaya, masa Kesultanan Palembang, masa kolonialisme, masa pendudukan Jepang, dan masa revolusi fisik kemerdekaan.

“Kami percaya selain komitmen, inovasi, dan sumber daya manusia terbaik yang kami miliki, pencapaian kami hingga saat ini tidak terlepas dari peran media massa yang selalu membantu komunikasi dan publikasi permuseuman. Untuk itu di perayaan Hari Museum Nasional tahun ini, kami ingin berbagi kebahagiaan tidak hanya dengan pegawai, mitra dan pengunjung, namun juga rekan-rekan media.”

Adapun periode pengumpulan karya tulis dan karya foto mulai tanggal 1 Januari hingga 31 Oktober 2020. Masing-masing kategori karya tulis dan karya foto akan dipilih tiga (3) karya terbaik dan akan diumumkan pada puncak perayaan Hari Museum Nasional di Museum Negeri Sumatera Selatan yang insyaa Allah diselenggarakan 10 November 2020 mendatang. Terdapat hadiah uang tunai sebesar Rp 4 juta untuk Juara I, Rp 3 juta untuk Juara II dan Rp 2 juta untuk Juara III.

Baca Juga  Lagi, Forum RT Sukajaya Bagikan 274 Paket Sembako Tahap III

Lomba Karya Tulis dan Karya Foto Museum Negeri Sumatera Selatan ini terbuka untuk jurnalis media cetak dan online lokal dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang tercantum. Kriteria peserta lomba cukup mudah. Peserta lomba adalah wartawan berkewarganegaraan Indonesia yang bekerja di media cetak atau media online kantor berita di Sumatera Selatan dibuktikan dengan tanda pengenal wartawan.

Karya jurnalistik dikirimkan ke alamat email museumnegeri.sumateraselatan@gmail.com disertai dengan scan KTP, scan Press ID, dan scan bukti pemuatan berita di media cetak lengkap dengan keterangan edisi, hari, tanggal dan halaman, atau link  bukti pemuatan berita di media online dengan subjek email: Lomba Karya Tulis Museum Negeri Sumatera Selatan atau Lomba Karya Foto Museum Negeri Sumatera Selatan.

Untuk karya foto agar dikirimkan foto asli selain bukti pemuatan berita foto, dengan resolusi minimal 300 dpi dengan sisi terpanjang 3000 pixel. Peserta boleh mengirimkan maksimal tiga karyanya.

“Kami berharap ajang Lomba Karya Tulis & Karya Foto ini dapat semakin mendekatkan Museum Negeri Sumatera Selatan dengan rekan-rekan media, mempererat hubungan yang telah terjalin dan membangun kemitraan yang lebih baik lagi ke depannya. Kami mengundang seluruh rekan-rekan jurnalis baik tulis dan foto di seluruh Sumatera Selatan untuk ikut berpartisipasi dalam ajang lomba ini,” tutup H Chandra Amprayadi SH.

Bagi rekan media berencana untuk wawancara dan atau membuat janji temu untuk keperluan foto, dapat mengirimkan daftar pertanyaan beserta nomor kontak jurnalis yang dapat dihubungi ke email museumnegeri.sumateraselatan@gmail.com.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan Lomba Karya Tulis & Karya Foto Museum Negeri Sumatera Selatan silakan menghubungi narahubung 0897-8940-000 (Venty).(*)

redaksi hame-hame.com

https://hame-hame.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *