oleh

Profil Inggris, Sang Calon Jawara EURO 2020

EURO 2020– Berikut profil Timnas Inggris yang akan berlaga di Euro 2020. Terkenal bertabur bintang, apakah kali ini The Three Lions bakal sukses? Sepanjang sejarah sepak bola dunia, siapa yang tidak mengenal Timnas Inggris, yang sudah sangat terkenal dengan para peman elitenya. Namun siapa sangka sepak terjang The Three Lions tidak sehebat nama-nama besar yang ada di dalamnya.

Mereka bahkan terakhir memenangkan ajang Piala Dunia pada tahun 1966. Sementara itu, untuk Euro sendiri, Timnas Inggris berhasil mencatatkan prestasi terbaiknya sebagai peringkat ketiga pada tahun 1968. Sebelum Euro 2020, Timnas Inggris hanya mampu mencapai fase 16 besar pada gelaran tahun 2016 lalu. Meski begitu, Gareth Southgate nampaknya bisa menaruh cukup harapan pada skuat yang ada saat ini.

Timnas Inggris sendiri sudah memasuki generasi barunya untuk pilihan skuat yang ada sekarang. Meski Gareth Southgate punya lebih banyak opsi, di sisi lain ia juga dibuat kelimpungan saat memilih pemain.

Selain itu, para bintang muda Timnas Inggris saat ini juga memegang peran penting di level klub masing-masing. Bahkan, beberapa di antara mereka tampil di final Liga Champions 2020-2021 dengan seragam Chelsea dan Manchester City.

Gareth Southgate pun harus memikirkan skuat Timnas Inggris untuk Euro 2020 dengan sebaik-baiknya, termasuk memangkas setidaknya tujuh pemain dari daftar skuat sementara. Hingga tulisan ini dibuat, pelatih sepak bola asal Watford tersebut masih belum memutuskan 26 pemain yang sudah pasti ia bawa ke Euro 2020. Tenggat dari UEFA sendiri adalah hari ini, Selasa (01/06/21) pukul 11 malam waktu setempat.

Pelatih Gareth Southgate merupakan salah satu pelatih Inggris tulen yang didapuk sebagai pelatih The Three Lions sejak tahun 2016. Sebelumnya, ia sempat menukangi kelompok umur U-21 sebelum ke Timnas senior. Prestasi terbaiknya bersama Timnas Inggris adalah peringkat keempat Piala Dunia 2018 dan peringkat ketiga UEFA Nations League 2019. Belum bicara banyak di ajang Euro, sanggupkah, Southgate?

Perkiraan Formasi dan Starting XI

Diprediksi masih akan menggunakan formasi 4-3-3, Gareth Southgate sepertinya tidak perlu cemas bakal kekurangan pilihan pemain. Di kubu penjaga gawang, Jordan Pickford masih akan jadi andalan utama skuat The Three Lions. Sementara itu, kehadiran Harry Maguire di lini pertahanan juga sangat krusial bagi penampilan Timnas Inggris.

Wayne Rooney bahkan menuturkan bahwa Timnas Inggris bakal sulit juara jika tidak ada Harry Maguire dan Jordan Henderson, dua sosok penting yang juga berstatus kapten di klub masing-masing. Hanya saja, keduanya tengah dilanda cedera. Meski begitu, masih ada peluang bagi Maguire untuk masuk daftar pemain Euro 2020 dan sudah kembali fit ketika turnamen dimulai. Jelang diumumkannya 26 pemain Timnas Inggris untuk Euro 2020, kabar mengejutkan datang dari Trent Alexander-Arnold (Liverpool) dan Mason Greenwood (Manchester United), yang konon terdepak dari daftar Southgate.

Sang pelatih kabarnya lebih memilih membawa Kyle Walker dan Kieran Trippier yang sudah jadi andalannya sejak Piala Dunia 2018, ketimbang Alexander-Arnold. Di sisi lain, Greenwood juga kalah saing dari Jesse Lingard yang tampil apik bersama West Ham.

Skuat Timnas Inggris untuk Euro 2020

GK: Dean Henderson (Manchester United), Jordan Pickford (Everton), Sam Johnstone (West Brom), Aaron Ramsdale (Sheffield United)

DF: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Wolverhampton Wanderers), Ben Godfrey (Everton), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Tyrone Mings (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Atletico Madrid), Kyle Walker (Manchester City), Ben White (Brighton).

MF: Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Jordan Henderson (Liverpool), Jesse Lingard (West Ham), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Leeds), Declan Rice (West Ham), James Ward-Prowse (Southampton).

FW: Dominic Calvert-Lewin (Everton), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Aston Villa), Mason Greenwood (Manchester United), Harry Kane (Tottenham), Marcus Rashford (Manchester United), Bukayo Saka (Arsenal), Raheem Sterling (Manchester City), Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Ollie Watkins (Aston Villa).

Sumber : indosprot.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed