fbpx
 Tak Miliki BPJS, Honorer K2 Gak Bakalan Terima Bansos Pekerja

Tak Miliki BPJS, Honorer K2 Gak Bakalan Terima Bansos Pekerja


JAKARTA – Koordinator Daerah Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Kabupaten Magelang Nunik Nugroho mengungkapkan, pemberian bansos untuk pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta patut dipertanyakan.

Pasalnya, untuk mendapatkan bansos syaratnya harus terdaftar dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). “Lah kalau syaratnya harus ada kartu BPJS ya susah. Sudah pasti honorer K2 tidak dapat bansos itu karena kami kan tidak terdaftar di BPJS walaupun gaji kami sangat rendah,” terangnya, Minggu (9/8/2020).

Dia menyebutkan, meski bekerja belasan hingga puluhan tahun di instansi pemerintah, tetapi mereka justru tidak sejahtera. Dilihat dari gaji yang diberikan sangat minim, di bawah standar UMR (upah minimum regional).

“Semua honorer tidak ada yang didaftarkan BPJS ketenagakerjaan. Kalau BPJS ketenagakerjaan menjadi sarat, otomatis kami enggak masuk kriteria,” ucapnya.

Seharusnya, kata Nunik, mulai sekarang masing masing dinas, kementrian membuat surat perintah kepada kepala daerah agar honorer bisa dimasukkan ke BPJS ketenagakerjaan. Sebab, dilihat gaji, status sudah memenuhi persyaratan.

“Honorer adalah penyumbang kekurangan tenaga aparatur sipil negara (ASN) yang telah mengabdikan tenaga, ilmu dan pikiran kepada negara. Gaji tenaga honorer sangatlah jauh dari batas ambang minimal standar yang dipersyaratkan pemerintah sebesar Rp5 juta,” tandasnya. (jpnn/h2c)

Baca Juga  Ditunda, Ini Jadwal Baru Pencairan BLT Subsidi Gaji Rp600 Ribu

redaksi hame-hame.com

https://hame-hame.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *