hame-hame.com

Tips Sehat Liburan di Masa Pandemi

JAKARTA – Dr. R. A. Adaninggar, Sp.PD, akrab disapa Ning, mengatakan bahwa salah satu yang wajib dihindari untuk dilakukan oleh wisatawan saat liburan di tengah pandemi Covid-19 adalah asal menyentuh barang.

Hindari sentuh benda umum. Wisatawan rentan sakit setelah liburan karena berinteraksi dengan permukaan benda umum yang kemungkinan terkontaminasi,” katanya.

Pernyatan tersebut disampaikan olehnya dalam konferensi pers virtual “Perlindungan Lengkap Jiwa dan Kesehatan yang Terjangkau”, Senin (21/12/2020).

Selain tidak asal menyentuh barang, berikut tips aman selama liburan. Salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi wisatawan adalah menjaga jarak antara satu dengan yang lain.

Namun, Ning mengatakan bahwa selain menghindari keramaian agar bisa jaga jarak, pilih tempat wisata yang menawarkan banyak area luar ruangan juga penting.

Senada dengan hal tersebut, Travel Blogger Kadek Arini juga mengatakan bahwa tempat wisata luar ruangan dapat memudahkan wisatawan untuk melakukan jaga jarak.

“Setiap tempat punya risiko, tapi (wisatawan) bisa cegah diri sendiri. Untuk Labuan Bajo, karakternya kepulauan dan memang wisata semua luar ruangan,” ungkapnya pada kesempatan yang sama.

Kadek menambahkan, jika wisatawan berlibur ke Labuan Bajo, mereka tidak perlu khawatir akan kerumunan lantaran wisatawan bisa island hopping selama berada di sana.

Tidak makan di restoran selama berlibur, Ning tidak menyarankan wisatawan kulineran di restoran yang tertutup karena dirasa cukup riskan.

“Sebisa mungkin tidak dine-in di restoran tertutup, kalau restoran luar ruangan bisa jaga jarak jadi tidak apa-apa,” imbaunya.

“Dine-in di restoran tertutup kalau bisa dibatasi. Kalau kumpul, risiko lebih tinggi untuk tertular,” sambung Ning.

Bawa peralatan sendiri bagi wisatawan yang hendak bepergian, Ning mengatakan bahwa ada baiknya mereka membawa alat makan dan ibadah pribadi agar lebih aman dan tidak bercampur dengan orang lain.

Tidak makan di kendaraan publik Jika bepergian menggunakan transportasi umum, Ning mengimbau agar wisatawan tidak makan dan minum selama perjalanan.

Lakukan protokol kesehatan selain menjaga jarak satu sama lain, protokol kesehatan lain yang wajib dilakukan adalah menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

“Juga hindari menyentuh area wajah dan sedia hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen,” ujar Ning.

Untuk jaga jarak, dia tidak memungkiri sulitnya melakukan hal tersebut saat berada di antrean misalnya seperti di bandara atau terminal.

Namun, dia menegaskan bahwa wisatawan harus berusaha semaksimal mungkin untuk tetap melakukan hal tersebut agar selama liburan tetap aman. (*)

Sumber: kompas.com

Exit mobile version