Profil Swiss Peserta EURO 2020

Olahraga, Sepak Bola239 Dilihat
banner 468x60

EURO 2020– TIM Nasional Swiss merupakan salah satu tim yang wajib diwaspadai di Piala Eropa 2020. Sebab, skuad asuhan Vladimir Petkovic ini kerap mengejutkan saat tampil di turnamen-turnamen besar seperti Piala Eropa dan Piala Dunia.

Ketika turun di Piala Dunia 2018 Rusia, Swiss pernah menahan Brasil dengan skor 1-1. Di Piala Eropa 2016, mereka kembali bikin kejutan dengan lolos ke babak 16 besar usai bersaing dengan Prancis, Albania, dan Rumania di fase grup.

banner 336x280

Saat itu, Swiss lolos sebagai runner-up Grup A dua poin di belakang Prancis. Sayangnya, tim yang diasuh Vladimir Petkovic terhenti di babak 16 besar setelah bentrok dengan Polandia.

Tentu yang paling diingat kiprah Swiss di Fase Grup Piala Dunia 2010. Saat itu, Swiss mengalahkan tim kuat Spanyol 1-0 di fase grup. Pada akhirnya, Spanyol keluar sebagai jawara Piala Dunia 2010.

Tahun ini La Nati â€“julukan Swiss– tentu ingin mencapai prestasi lebih baik. Berbekal pengalaman pemain bintang seperti Granit Xhaka (Arsenal), Xherdan Shaqiri (Liverpool) dan Manuel Akanji (Borussia Dortmund), Swiss tak bisa dipandang sebelah mata.

Bagi Swiss, ini akan menjadi kesempatan kelima mereka berpartisipasi di Piala Eropa. Tim yang juga berjuluk Rossocrociati pertama kali (debut) tampil di ajang itu pada 1996. Prestasi terbaik mereka adalah lolos fase grup di edisi Piala Eropa 2016.

Swiss cukup berambisi memperbaiki catatan itu. Terbukti, dalam lima penampilan terakhirnya, mereka belum terkekalahan. Shaqiri dan kawan-kawan empat kali menang dan cuma sekali imbang, itu pun ketika bentrok Timnas Spanyol di ajang UEFA Nations League yang berakhir dengan skor 1-1.

Anak asuh Vladimir Petkovic juga menempati posisi teratas dalam kualifikasi Grup D yang sangat kompetitif, di mana mereka hanya kalah sekali dan mengumpulkan 17 poin dari delapan pertandingan. Padahal, di kualifikasi, Swiss bersaing dengan negara-negara kuat seperti Denmark dan Republik Irlandia.
Timnas Swiss punya pelatih loyal yang sudah mengasuh Timnas La Nati sejak 2014. Sebelum gabung dengan timnas di negaranya, Petkovic pernah mengantar klub Liga Italia Lazio memenangkan trofi Coppa Italia 2012-2013.

Sejak kedatangan Petkovic, Swiss berhasil menjadi salah satu peserta reguler di babak 16 besar dalam dua kompetisi yang berbeda, yakni Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Timnas Swiss punya banyak pemain yang bisa diandalkan di tim utama. Namun, kapten Granit Xhaka tetap dianggap paling berpengaruh di tim. Kemitraannya bersama Shaqiri di barisan gelandang membuat lini tengah La Nati diperhitungkan.

Xhaka sudah bermain sebanyak 92 pertandingan bersama negaranya dengan torehan 12 gol. Sedangkan Shaqiri sudah mencetak 23 gol dari 89 penampilannya bersama Timnas Swiss. Shaqiri membuat gol penyeimbang yang memaksa Polandia bermain ke babak adu penalti pada Piala Eropa 2016.

Prakiraan Susunan Pemain

Swiss (4-3-3): Yann Sommer; Loris Benito, Ricardo Rodriguez, Fabian Schar, Nico Elvedi, Silvan Widmer; Remo Freuler, Granit Xhaka, Djibril Sow; Admir Mehmedi, Haris Seferovic.

Sumber : okezone.com

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *